Langsung ke konten utama

Unggulan

Kandungan Gizi Kopi dan Manfaatnya bagi Kesehatan

  Jika bau kopi yang baru diseduh membuat Anda tersenyum, maka baca terus artikel ini J

Apakah itu diet?

Kebanyakan orang cenderung mengartikan kata diet dengan upaya untuk menurunkan berat badan melalui pengaturan makanan. Sebenarnya pengertian ini tidak salah, namun ada istilah yang lebih tepat.

Apa itu diet?


Diet adalah pengaturan makan baik untuk orang sehat maupun orang sakit. Meliputi diet untuk menurunkan berat badan, diet untuk menaikkan berat badan, diet untuk penyakit tertentu, dll.

Sebelum berdiet kita harus tahu sebenarnya apakah tujuan diet kita. Kemudian untuk mencapai tujuan tersebut kita harus menyusun strategi, meliputi kebutuhan gizi serta prinsip dan syarat-syarat dietnya.

Setelah strategi tersusun, saatnya menjalankan rencana diet tersebut. Selama menjalani diet, kita harus memonitor diet kita. Tujuan monitoring adalah agar diet kita bisa dievaluasi. Evaluasi ini akan menentukan apakah diet tersebut bisa dilanjutkan dengan prinsip dan syarat yang sama, ataukah harus diubah.

Diet yang baik adalah yang sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan setiap orang berbeda-beda ditentukan oleh banyak faktor. Oleh karena itu sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli sebelum melakukan diet, terutama diet khusus untuk penyakit. Perlu diketahui bahwa dalam melakukan penyusunan diet untuk individu, terdapat proses-proses penting seperti assessment, diagnosis, intervensi, monitoring dan evaluasi. Hal ini dilakukan agar diet benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Keberhasilan diet sangat ditentukan oleh konsistensi dalam mematuhi diet, selain dari diet itu sendiri. Memiliki teman diet atau seseorang untuk mengawasi dan mendukung diet kita akan sangat membantu ketegaran kita dalam menjalani diet.

Semoga bermanfaat. Salam gizi seimbang!
#ketahuilahapayangkamumakan

Note:
Terimakasih telah membaca!
Akan lebih baik apabila informasi ini tidak terhenti di Anda. Informasi dalam blog ini bebas disebarluaskan. Mari tumbuhkan kesadaran akan gizi demi hidup yang sehat! :D 

Komentar

Postingan Populer

Kami ada di instagram! @dietpartner.id