Langsung ke konten utama

Unggulan

Kandungan Gizi Kopi dan Manfaatnya bagi Kesehatan

  Jika bau kopi yang baru diseduh membuat Anda tersenyum, maka baca terus artikel ini J

Ada Apa dengan Jus?


Jus merupakan salah satu cara favorit untuk menikmati buah-buahan. Tahukah Anda apa perbedaan nilai gizi buah yang di jus dan yang dimakan langsung? 

Dalam membuat jus biasanya ditambahkan gula dan susu kental manis. Walau hanya sekitar satu sendok makan masing-masing, ternyata hal tersebut menambahkan kandungan kalori jus hingga hampir 3 kali lipat loh! Satu gelas jus dengan 90 gram mangga harum manis ditambah 1 sdm gula dan susu kental manis memiliki kandungan 150 kkal yang hampir seluruhnya berasal dari karbohidrat. Sebagai perbandingan, 100 gram nasi putih memiliki kandungan kalori 130 kkal. Sedangkan buah mangga dengan jumlah yang sama mengandung 58,5 kkal.

Sebenarnya mengkonsumsi jus buah boleh-boleh saja, tetapi kita harus mengetahui apa yang kita konsumsi. Bayangkan apabila kita mengkonsumsi jus dengan kandungan kalori 150 kkal sebagai minuman pendamping makan. Tidak terasa banyak akan tetapi ternyata tinggi kalori. Sebaiknya saat membuat jus/ saat membeli jus pesanlah pada pembuat untuk mengurangi jumlah gula/ susu kental manis, atau misal sudah menggunakan gula maka tidak perlu menggunakan susu kental manis atau sebaliknya. Jauh lebih baik lagi apabila tidak menggunakan gula/ susu kental manis sama sekali, terutama apabila buah yang digunakan sudah mengandung banyak gula seperti mangga.

Selain kalori, manfaat serat yang didapat dari jus tidak sebanyak apabila dikonsumsi langsung. Apalagi apabila jus tersebut dibuat menggunakan mesin juicer yang memisahkan ampas/ apabila disaring. Jadi, saat membuat jus jangan pisahkan seratnya. 

Semangat gizi seimbang! 

#kenaliapayangkamumakan
#dietpartner
#dietsehat
#infodiet

Komentar

Postingan Populer

Kami ada di instagram! @dietpartner.id