Langsung ke konten utama

Unggulan

Kandungan Gizi Kopi dan Manfaatnya bagi Kesehatan

  Jika bau kopi yang baru diseduh membuat Anda tersenyum, maka baca terus artikel ini J

Biasakan Minum Air Putih yang Cukup!

Memenuhi kebutuhan cairan sangat penting untuk menjaga suhu tubuh, mencegah dehidrasi, serta membantu mengeluarkan racun dan sisa metabolisme dalam tubuh melalui urin.

Kebutuhan cairan dapat diperoleh dari air minum dan makanan. Setiap orang memiliki kebutuhan cairan yang berbeda-beda tergantung usia, jenis kelamin, berat badan, aktivitas, kondisi kesehatan dan iklim. Namun secara umum, orang dewasa sehat membutuhkan rata-rata 2,5 liter cairan setiap harinya.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menyarankan kita untuk minum 8 gelas air putih setiap hari. Selain informasi tersebut, Kemenkes juga merilis takaran air minum disesuaikan dengan berat badan yaitu sekitar 42 ml / Kg berat badan.

Konsumsi 8 gelas air putih setiap hari sebenarnya hanya untuk memudahkan dan mengingatkan kita untuk memenuhi kebutuhan cairan. Sebaiknya minumlah ketika haus atau mulut mulai kering dan selalu sertakan minuman saat waktu makan. Bawalah botol minum (tidak usah membeli, cukup bawa dsri rumah) saat bepergian atau bekerja apabila di tempat kerja tidak tersedia.

Meskipun memenuhi kebutuhan cairan sangat penting, akan tetapi kelebihan cairan juga memiliki resiko kesehatan oleh karena itu jangan minum melebihi yang disarankan, kecuali apabila sedang berolahraga atau aktivitas berat.

Informasi tambahan:
Anjuran 8 gelas per hari tidak hanya populer di Indonesia saja. Di Amerika Serikat juga terdapat anjuran 8x8 (8 glasses 8 oz) yang artinya 8 gelas perhari dengan asumsi 1 gelas menampung 8 ons atau 237ml. Gelas minum yang biasanya digunakan di Indonesia adalah gelas belimbing. Gelas ini memiliki volume yang sama yaitu sekitar 230ml. Meskipun anjuran ini sudah banyak diketahui dan bahkan digunakan sebagai referensi oleh banyak sumber resmi, ternyata menurut review dari penelitian dan literatur yang dilakukan oleh seorang peneliti bernama Heinz Valtin, rekomendasi tersebut masih kekurangan pondasi ilmiah dan penelitian yang mendukung. Namun demikian dalam reviewnya Valtin juga tidak membenarkan bahwa minum kurang dari anjuran 8 gelas tersebut tidak berbahaya bagi kesehatan.

Saran dari kami adalah gunakan anjuran 8 gelas per hari akan tetapi jangan melebihi dari anjuran tersebut. Apabila terasa haus/mulut kering segera minum. Sertakan minuman saat waktu makan. Bawalah bekal minuman dari rumah. Apabila ada gangguan kesehatan maka patuhi anjuran dari dokter.

Sumber:
-pptm.depkes.go.id
-MacGill, Markus. 2016. MedicalNewsToday.com
-Valtin, Heinz. 2002. "Drink at least eight glassess of water a day." Really? Is there scientific evidence for "8x8"?. American Phisiological Society
-nutrition.org.uk
-AKG 2013
-Loyd, Evan. 2011. Research Review: Are the recommendation for fluid intake in humans valid?. British Journal of Sports Medicine

Komentar

Postingan Populer

Kami ada di instagram! @dietpartner.id