Langsung ke konten utama

Unggulan

Kandungan Gizi Kopi dan Manfaatnya bagi Kesehatan

  Jika bau kopi yang baru diseduh membuat Anda tersenyum, maka baca terus artikel ini J

Biasakan Sarapan Pagi


Hampir semua orang pasti sudah tahu bahwa sarapan merupakan hal yang penting, meskipun tidak semua orang menerapkan prinsip tersebut.

Sarapan berperan penting mengembalikan cadangan energi untuk beraktivitas sehari-hari. Sarapan juga membantu mempersiapkan metabolisme tubuh, menstabilkan gula darah, serta melatih kedisiplinan.

Salah satu kebiasaan yang kurang tepat adalah melewatkan sarapan dengan tujuan untuk mengurangi berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berhasil menurunkan berat badan dan mempertahankannya justru tidak pernah melewatkan sarapan.

Apabila kita melewatkan sarapan, tubuh kita akan kesusahan untuk mendapatkan energi yang dibutuhkan untuk memulai hari. Siklus lapar-kenyang akan terganggu dan bisa beresiko ingin makan berlebihan.

Sarapan yang baik mengandung sumber gizi yang lengkap yaitu sunber karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serta serat. Sumber karbohidrat terutama yang mengandung banyak serat akan membantu menaikkan gula darah secara perlahan. Protein dan lemak akan membantu menstabilkannya.

Porsi sarapan sebaiknya sedang. Menurut penelitian, sebaiknya sarapan memenuhi 15-25% kebutuhan sehari.

Banyak orang yang melewatkan sarapan umumnya karena keterbatasan waktu. Hal ini dapat diatasi dengan membuat sarapan yang simpel tapi cukup bergizi seperti sereal gandum utuh, susu dan buah, dll.
-
Mari kita biasakan sarapan! Jangan meyepelekan sarapan di pagi hari! Salam gizi seimbang! 

- gizi.depkes.go.id
- Kathleen M. Zelman, MPH, RD, LD / webmd.com 2016
- Spence, Charles. 2017. Breakfast: The most important meal of the day?. International Journal of Gastronomy and Food Science 8
-
#DietPartner #diet #gizi #infokesehatan #sarapan #nutrisi #nutrition #nutritionist #nutrisionis #dietitian #dietisien #pedomangiziseimbang #giziseimbang

Komentar

Postingan Populer

Kami ada di instagram! @dietpartner.id