Langsung ke konten utama

Unggulan

Kandungan Gizi Kopi dan Manfaatnya bagi Kesehatan

  Jika bau kopi yang baru diseduh membuat Anda tersenyum, maka baca terus artikel ini J

Langkah Mencuci Tangan







Poin pertama dari 10 Pedoman Gizi Seimbang adalah:

Cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air bersih mengalir.  Mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih mengalir dapat mencegah infeksi. Banyak penyakit yang ditularkan karena tidak mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih.

Kuman di tangan dapat masuk ke dalam tubuh salah satunya saat kita makan atau menyiapkan makanan.

Data WHO menunjukkan bahwa CTPS telah terbukti dapat mengurangi angka kejadian diare hingga 45%. Selain itu CTPS juga dapat mencegah penyebaran penyakit kecacingan, infeksi saluran pernafasan atas (ISPA), dan flu burung hingga 50%.

Direktur Kesehatan Keluarga Kementrian Kesehatan RI, Eni Gustina mengatakan bahwa walaupun sepele, perilaku CTPS sangat penting untuk dilakukan. Mencuci tangan menggunakan air hanya akan membunuh 10% kuman, sedangkan menggunakan sabun dapat membunuh hingga 80%. Beliau juga menyarankan lebih baik mencuci tangan menggunakan sabun cair. Apabila menggunakan sabun batangan maka jangan sampai sabun tersebut terendam air.

Mari kita biasakan mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih mengalir! Kita harus bisa jadi agen perubahan. Apabila tidak bisa mendapatkan akses air bersih mengalir, maka gunakan sabun dengan air yang tersedia, apabila tidak ada sabun maka gunakan hand sanitizer.

(depkes.go.id, 2012, 2017)

#DietPartner #diet #cucitanganpakaisabun #infokesehatan #cucitangan #nutrition #gizi #nutritionist #nutrisionis #dietitian #dietisien

Komentar

Postingan Populer

Kami ada di instagram! @dietpartner.id