Langsung ke konten utama

Unggulan

Kandungan Gizi Kopi dan Manfaatnya bagi Kesehatan

  Jika bau kopi yang baru diseduh membuat Anda tersenyum, maka baca terus artikel ini J

Warna Warni Buah dan Sayur






Sayuran dan buah-buahan memiliki bermacam-macam warna. Warna-warna tersebut berasal dari pigmen tanaman. Apa sajakah pigmen-pigmen tersebut? 

1. Merah (Likopen dan antosianin)
- Likopen terdapat lada tomat dan semangka. Pigmen ini diketahui dapat mengurangi resiko beberapa jenis kanker. Penelitian telah menemukan hubungan likopen dengan berkurangnya indikator kanker prostat. Likopen pada tomat yang telah matang ternyata lebih mudah diserap dibandingkan dengan yang tidak dimasak. - Antosianin (berwarna merah pada pH asam) terdapat pada stroberi, raspberi,  dan buah/ sayuran merah lain. Antosianin berpotensi sebagai antioksidan, anti peradangan, anti mikrobial, serta anti karsinogenik (mencegah kanker). Antosianin sejauh ini juga memiliki potensi untuk mengurangi resiko penyakit jantung koroner meskipun masih diperlukan banyak penelitian lebih lanjut.

2. Oranye dan kuning (karotenoid)
Karotenoid terdapat pada labu, wortel, ubi jalar kuning, dll.
Beta karoten yang terdapat pada sayur dan buah-buahan berwarna oranye dan kuning dapat diubah menjadi vitamin A yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu karotenoid yang hingga kini masih diteliti lebih lanjut memiliki potensi sebagai pencegah kanker dan penyakit kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah).

3. Hijau (klorofil)
Studi yang dilakukan pada hewan coba telah menunjukkan bahwa klorofil memiliki efek antioksidan yang dapat membantu memerangi radikal bebas yang menjadi penyebab kanker. Sayuran berwarna hijau gelap juga mengandung banyak folat yang baik untuk perkembangan janin.

4. Biru dan ungu (antosianin)
Pigmen inj terdapat pada terong, bluberi anggur, dll.
Seperti yang telah dijelaskan pada buah-buahan dan sayuran berwarna merah, antosianin memiliki potensi sebagai antioksidan, anti peradangan, anti mikrobial, serta anti karsinogenik. Antosianin pada pH yang lebih basa akan berwarna biru.

5. Putih (Antoksantin)
Terdapat pada bawang putih, kembang kol, dll.
Beberapa buah/ sayur yang mengandung pigmen ini kaya akan allicin yang telah diteliti bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi, memiliki sifat antioksidan, memelihara kesehatan ginjal,  serta mencegah penyakit jantung.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer

Kami ada di instagram! @dietpartner.id